Omiyage Muhibah dari Negeri Sakura

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

Oleh: Ali Syarief

BERSAMA rekan-rekan seprofesi sebagai Pewarta Warga (istilah post journalism – di era digital), akhirnya di awal Nopember 23 ini, penulis menapakan kaki juga di Negara Jepang, yang terkenal dengan kemajuan science dan modernisasi itu. Diselimuti peralihan cuaca dari musim panas ke musim dingin, seiring dengan indahnya hutan-hutan yang mulai memerah, menjelang rontok, Jepang seperti negeri impian – yang sama dengan yang terlihat indahnya foto-foto yang banyak beredar.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Gagasan muhibah 10 peserta anggota PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) yang datang dari berbagai pelosok tanah air, bertujuan sebagai benchmark dan sebagai jembatan kerjasama untuk kedua bangsa, dinilai sebagai ide yang baik. Maka atas dukungan beberapa pihak, dari dalam negeri dan Jepang sendiri, membuat program muhibah ini menjadi sesuatu yang inspiratif untuk pengembangan selanjutnya.

Apa sih, oleh-oleh (omiyage) yang didapat selama seminggu berinteraksi dengan Jepang dan masyarakatnya?

Ada catatan-catatan penting, yang kami lihat antara lain, jumlah pengunjung asing ke Jepang untuk berbagai keperluan bisnis dan liburan, naik menjadi 2,52 juta pada Oktober lalu dari 2,18 juta pada bulan September 2023. Menurut data dari Organisasi Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), jumlah pengunjung meningkat hingga 100,8% dibandingkan 2019 sebelum wabah Covid-19 menyebabkan pembatasan perjalanan di seluruh dunia. Data resmi ini menunjukkan bahwa pengunjung ke Jepang melampaui tingkat sebelum pandemi pada Oktober, dan menandai pemulihan penuh dalam jumlah kedatangan untuk pertama kalinya sejak pelonggaran kontrol perbatasan tahun lalu.

Bersyukur sekali, rombongan kami didukung penuh oleh Pemerintah Kota Iiyama, Prefektur Nagano, sehingga berbagai atraksi kebudayaan dan tempat-tempat wisata yang tersedia, dapat kami saksikan dan kunjungi. Pemerintah Kota Iiyama juga membuka dialog, yang dipimpin oleh Wakil Walikota, Ibu Yukari Ito, beserta seluruh jajaran yang terkait dengan kepariwisataan disana.

Baca Juga :   DPD RI Bentuk Pansus Kecurangan Pemilu 2024, Ini Dasar Hukumnya

Iiyama (飯山市) adalah sebuah kota yang terletak di Prefektur Nagano, Jepang. Iiyama terletak di bagian utara Prefektur Nagano, di wilayah Chubu, Jepang. Wilayah ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki iklim yang beragam tergantung pada musim.

Populasi kota ini dapat berubah seiring waktu, tetapi pada umumnya, kota ini adalah salah satu kota kecil di Prefektur Nagano. Penduduknya sangat aktif terlibat dalam berbagai sektor, termasuk pertanian dan pariwisata.

Kota Iiyama juga terkenal dengan ladang berasnya yang subur. Pertanian adalah salah satu aspek ekonomi yang penting di wilayah ini. Padi dan buah-buahan adalah beberapa produk pertanian utama yang dihasilkan di sini.

Wilayah ini juga dikenal sebagai tujuan wisata, terutama selama musim dingin. Beberapa tempat wisata populer di sekitarnya termasuk resort ski dan pemandian air panas (onsen). Tetapi selama musim panas, Anda akan menemukan keindahan alam yang menarik bagi para pendaki.

Aksesibilitas dapat menjadi faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kota ini. Stasiun kereta api lokal sudah terintegrasi dengan Shinkansen dan menjadi titik transportasi penting untuk memudahkan perjalanan ke dan dari Iiyama.

Seperti banyak kota di Jepang, Iiyama mungkin memiliki warisan budaya dan sejarah yang menarik. Kuil dan festival tradisional sering menjadi daya tarik bagi wisatawan dan juga merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.