Bung Karno Diketahui Punya 9 Istri dan 11 Anak

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

SOEKARNO, Presiden RI pertama. Dikenal dengan panggilan Bung Karno. Nama ini sangat mendunia.

Dalam kehidupan pribadinya, Bung Karno diketahui memiliki sembilan istri. Salah satunya adalah Fatmawati. Dari perkawinannya dengan Fatmawati dan istri lainnya, Bung Karno diketahui memiliki 11 anak.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berikut anak Soekarno dari yang tertua hingga termuda:

1. Guntur Soekarnoputra
Anak pertama Soekarno dan Fatmawati adalah Guntur Soekarnoputra. Guntur lahir di Jakarta, 4 November 1944, saat Tanah Air sedang memperjuangkan kemerdekaan.

Bahkan semasa bayinya, ia ikut menjadi korban penculikan Rengasdengklok. Guntur sering menyertai kedua orangtuanya menjadi pelaku dalam peristiwa bersejarah.

Guntur pernah menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI Periode 2009-2014.

Saat ini, ia duduk sebagai Wakil Ketua Yayasan Fatmawati dan Ketua Yayasan Wildan.

2. Megawati Soekarnoputri
Inilah Presiden perempuan pertama di Indonesia. Megawati menjadi salah satu anak Soekarno yang sangat terkenal karena sukses meniti karier menjadi politikus.

Lahir pada 13 Januari 1947, Megawati terjun ke politik sejak 1986 hingga saat ini. Kiprah pertamanya di politik diawali sebagai wakil ketua PDI Cabang Jakarta Pusat.

Hanya dalam jangka waktu satu tahun, ia sudah menjadi salah satu anggota DPR. Hingga saat ini, ia masih aktif menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

3. Rachmawati Soekarnoputri
Rachmawati Soekarnoputri acapkali dimiripkan dengan sang kakak, Megawati lantaran mereka berdua lahir dari ibu yang sama, yaitu Fatmawati. Sehingga sering disebut sebagai kembaran Megawati.

Kendati demikian, mereka berdua memiliki pandangan politik yang berbeda. Pasalnya, Rachmawati juga merupakan seorang pendiri partai politik, yakni Partai Pelopor.

Rachmawati lahir pada 27 September 1950 dan meninggal dunia pada usia 71 tahun, tepatnya pada 3 Juli 2021 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

Baca Juga :   Jimly Asshiddiqie dan MKMK Gagal Kembalikan Marwah MK

4. Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri merupakan adik kandung dari Megawati dan Rachmawati.

Tak berbeda jauh dari kakak-kakaknya, Sukmawati yang lahir pada 26 Oktober 1951 ini juga berkecimpung di dunia politik.

Sukmawati mendirikan dan menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia dengan nama PNI Soepeni pada 1998. Lalu pada 2002, Sukmawati mengubahnya menjadi PNI Marhaenisme.

Sukmawati sering kali mendapatkan sorotan karena komentar pedasnya terhadap pemerintah.

5. Guruh Soekarnoputra
Guruh Soekarnoputra merupakan anak bungsu dari Soekarno dengan Fatmawati. Sejak kecil, ia terlatih sebagai penari dan mengasah bakatnya di dunia musik.