Elektabilitas Ganjar-Mahfud Versi Litbang Kompas, PDIP Berpeluang Menang

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

Banten, JurnalDemokrasi.com – Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengaku, pihaknya tidak pesimistis dengan hasil survei Litbang Kompas terkini yang menyebut elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berada pada urutan ketiga.

Pasalnya, ia meyakini masih banyak peluang PDI-P memenangkan Ganjar-Mahfud. Salah satunya melalui kekuatan 18 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P yang menang pada Pemilu 2019.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kami dua hari lalu mengumpulkan seluruh DPD PDI Perjuangan, 18 propinsi yang kami menang di 18 propinsi pada Pemilu 2019, ini modal yang sangat kuat,” kata Hasto ditemui usai acara konsolidasi partai yang digelar DPC PDI-P Kota Cilegon, Banten, Senin (11/12/2023), sebagaimana dicitat dari Kompas.com di bawah titel: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Nomor 3 Versi Litbang “Kompas”, PDI-P Berharap pada Jawa Tengah.

Selain itu, Hasto juga mengaku partainya mengandalkan kekuatan di Propinsi Jawa Tengah untuk memenangkan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024.

Meski tak menyebut spesifik kekuatan yang dimaksud, Hasto tetap yakin suara yang terekam di Litbang Kompas bakal berubah ke depannya menjadi lebih baik.

“Sehingga ini akan terjadi perubahan, karena yang di Jawa Tengah itu solid. Bahkan, targetnya itu sekurang-kurangnya 62 persen itu akan dicapai. Maka ini merupakan bagian dari dinamika,” jelasnya.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) ini juga menjelaskan, dalam jajak pendapat Litbang Kompas turut disebutkan masih banyaknya undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 28,7 persen.

“Tetapi undecided, yang belum memilih itu kan masih sangat tinggi, 28 persen,” ujar dia menegaskan.

Hasto menambahkan, hasil survei yang menyebut elektabilitas calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di atas Ganjar juga tidak dikuatirkan pihaknya.

Baca Juga :   MEMBANGUN NTT DARI DESA! (Edisi 2)