PPWI Gandeng Glous Tech Info Adakan Lomba Menulis Bertema Pengamanan Aset Digital

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

Jakarta, JurnalDemokrasi.com – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menyelenggarakan lomba menulis tingkat nasional dengan tema khusus tentang pengamanan aset digital di media online. Lomba ini terselenggara atas kerjasama PPWI dengan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, PT. Glous Tech Info, yang bergerak di bidang pelayanan dan penyedia jasa pengamanan aset digital. Informasi detail tentang lomba dimaksud dapat dilihat berikut ini.

Prolog

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah semacam kode khusus di server website yang memberikan keamanan untuk komunikasi online. Saat browser web menghubungi situs website Anda, Sertifikat SSL mengaktifkan koneksi terenkripsi (konversi data dan informasi ke dalam kode tertentu). Ini ibarat menyegel surat di dalam amplop sebelum mengirimkannya melalui pos. SSL adalah teknologi standar untuk mengamankan koneksi internet dengan mengenkripsi data yang dikirim antara situs website dan browser atau antara dua server.

Secara sederhana, Sertifikat SSL menjadi jaminan keamanan bagi website dan pengunjung website. Saat ini sertifikat SSL menjadi kebutuhan penting setiap website. Website tanpa Sertifikat SSL akan ditandai “tidak aman” bahkan dikategorikan sebagai website penipuan oleh browser ternama seperti chrome dan firefox. Kepada para pelanggan website dimanapun, browser akan memberi peringatan bahwa website yang dikunjungi aman yang ditandai dengan penggunaan Sertifikat SSL.

Sejak tahun 2018, Chrome mengutamakan website dengan penggunaan Sertifikat SSL dan memberikan peringatan “website yang Anda kunjungi tidak aman” bagi website yang tidak menggunakan Sertifikat SSL. Dengan kata lain bahwa penggunaan sertifikat SSL membantu dalam proses perangkingan SEO (Search Engine Optimalization) sebuah website pada pencarian google, karena lebih diutamakan. Selain itu, transmisi data yang dilakukan lebih privasi dan aman dari serangan phising. Kredibilitas website yang tinggi dan menjadikan pemiliknya lebih percaya diri di kalangan pengelola website.

Baca Juga :   Kecurangan Pemilu tidak bisa Diselesaikan melalui Hak Angket dan Interpelasi DPR RI

Untuk keperluan pengiriman informasi dan data melalui internet, para pihak menggunakan S/MIME (Secure/Multipurpose internet Mail Extensions) yang diterima secara luas untuk berkirim pesan yang ditandatangani secara digital dan terenkripsi. S/MIME digunakan oleh berbagai pihak, baik lembaga pemerintah dan swasta, organisasi, maupun individu, untuk volume skala besar maupun kecil.

Tema

SSL dan S/MIME sebagai Perangkat Pengamanan Aset Digital di Era Teknologi Informasi.

Peserta

Peserta lomba menulis adalah pegiat jurnalisme digital yang berkecimpung di media online, baik sebagai pemilik dan pengelola media massa (online) maupun kontributor alias penulis lepas.

Ketentuan Lomba

1. Judul tulisan artikel bebas, namun tetap terkait dengan pengamanan aset digital dan berbasis data.
2. Panjang artikel maksimal 1000 kata (tidak termasuk foot-note atau catatan kaki), ditulis dengan program Microsoft Word, jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12 pt.

3. Artikel merupakan asli karya sendiri yang ditulis secara individu (bukan kelompok) dan menyertakan sumber informasi/data yang digunakan di bagian akhir tulisan (sebagai foot-note).

4. Artikel ditulis menggunakan bahasa Indonesia, namun boleh menggunakan bahasa daerah maupun bahasa asing jika diperlukan. Anda juga boleh menggunakan grafik, gambar, image, dan foto jika diperlukan.