APS Adakan Fit and Proper-test Bakal Cawabup Jayapura, Daniel Mebri Peroleh Skor Terbaik

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

Jayapura, JurnalDemokrasi.com – Analisis Papua Strategis (APS) melakukan Fit and Proper-test atau Uji Kelayakan dan Kepatutan terhadap tiga kandidat Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Kabupaten Jayapura. Ketiga orang yang merupakan tokoh terbaik Jayapura tersebut adalah Isak Tonggroitou, Daniel Mebri, dan Korneles Yanuaring. Acara fit and proper-test telah berlangsung pada 19-20 Juni 2024 lalu.

APS digandeng oleh Tim Sukses (Timses) pemenangan Bakal Calon Bupati (Bacabup) Kabupaten Jayapura, dr. Jhon Manangsang Wally (JMW) untuk mendapatkan sosok terbaik yang akan mendampingi JMW dalam pertarungan memperebutkan Jayapura-1 pada November 2014 mendatang. Strategi ini ditempuh dalam rangka menemukan figure yang benar-benar mampu menjadi partner sinergis dengan Bacabup JMW yang mengusung tema besar mewujudkan Visi Jayapura Emas.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berdasarkan hasil fit and proper-test yang telah dilakukan, APS menilai bahwa Daniel Mebri lebih pas untuk berpasangan dengan Bacabup Jayapura Emas, JMW atau lebih dikenal sebagai Dokter Jhon. Daniel Mebri yang merupakan mantan Ketua KPU Kabupaten Jayapura memperoleh total skor tertinggi dibandingkan kedua kandidat lainnya. Daniel Mebri juga dipandang menguasai strategi pemenangan untuk mewujudkan Visi Jayapura Emas.

Ketua APS, Laus Deo Calvin Rumayom, yang didampingi Timses Bacabup Jayapura Emas, Jhon Manangsang Wally, pada Press Conference di Sentani mengatakan bahwa pihaknya telah selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga kandidat Bacawabup untuk JMW. “Dari tahapan yang diikuti, kita menganalisis ketiganya melalui bagaimana cara mereka menjawab dan memecahkan masalah pembangunan, baik berbasis regulasi tugas Bupati dan Wakil Bupati maupun bagaimana cara mereka merespon isu-isu perkembangan di sekitar masyarakat terkait hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan infrastruktur kampung,” beber Calvin Rumayom, Senin, 24 Juni 2024.

Baca Juga :   Hari Ini, Sidang Gugatan PTUN Anggota DPRD Malaka Marius Boko Terhadap Gubernur NTT

Ketua APS juga menyebutkan bahwa ketiga peserta tersebut memiliki nilai lebih yang berbeda-beda dari berbagai sisi. Sebagai peserta fit and proper-test Bacawabup Jayapura Emas, ketiga tokoh Jayapura itu memiliki keunggulan masing-masing.

“Dari fit and proper-test, rata-rata mereka memiliki kredibilitas yang luar biasa. Namun ada tiga hal yang dijadikan sebagai indikator utama dalam melihat seperti apa ketiga peserta yang telah mengikuti test tersebut,” sebutnya.