Martin Laba Uung, Putera Lembata Bertarung Menuju Senayan

Avatar photo
Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik

PENAMPILANNYA sederhana. Namun semangatnya untuk memperjuangkan keadilan ekonomi bagi masyarakat kecil terus menyala. Itu bisa terlihat dari sorot matanya yang tajam dan menyala penuh optimisme ketika berbicara tentang pemberdayaan masyarakat.

Dialah Martin Laba Uung, S.Sos, MAP. Anak muda kelahiran Atakowa, Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata – NTT yang maju bertarung menuju Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta dalam Pileg 2024 melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan Nomor Urut 1 Dapil NTT I (meliputi Flores, Lembata, Alor).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Martin punya motivasi dan optimisme yang berkobar-kobar. Inilah yang menjadi sumber kekuatan dan tenaga ekstra yang mengggerakkan dirinya bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) NTT I. Padahal di Dapil ini, Martin harus bertarung melawan para politisi tua yang sudah beberapa periode menancapkan cakarnya di Senayan tapi lupa memperjuangkan kepentingan masyarakat kecil yang diwakilinya. Martin memang kalah modal tapi ia menang dengan semangatnya yang menggelora.

Pengalamannya berkecimpung di berbagai macam organisasi, telah membentuk karakter mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) FKM Flobamora Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) ini menjadi semakin matang. Cara berpikir dan solusi yang diberikan Martin dalam berbagai kesempatan diskusi, menunjukan tingginya level isi kepalanya.

Martin sengaja memilih PSI sebagai perahunya dalam bertarung di lautan politik menuju Senayan. Ia banyak berkonsultasi dan meminta pendapat dari banyak kalangan sebelum menjatuhkan pilihannya pada PSI sebagai perahunya untuk berlayar menuju Senayan.

Martin memang dikenal sebagai orang yang matang dalam mengambil suatu keputusan. Yah … bagi Martin, PSI sebagai Partai Kaum Milenial ini sesuai dengan karakternya yang konsisten dan penuh semangat yang bergelora.

Baca Juga :   Tak Jadi Gunakan Sistem Komandante, Caleg PDI-P Peraih Suara Terbanyak Bisa Dilantik

Semangat dan motivasi Martin untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan masih terus dirawatnya sejak masa dia menjadi mahasiswa. Inilah salah satu penggerak yang mendorong Martin melompat masuk dalam bursa Caleg DPR RI dari Dapil Flores, Lembata, dan Alor dari PSI.

Walau masih muda, Martin dipercaya PSI untuk menempati Nomor Urut 1 Calon Anggota DPR RI dari PSI di Dapil I NTT. Yah … tak sembarang orang bisa dipercaya menempati Nomor Urut 1 dalam daftar caleg. Faktanya, nomor urut ini selalu menjadi rebutan para caleg.

Hal ini tentu saja merupakan sesuatu kebanggaan bagi kaum muda karena mendapat kepercayaan dari PSI. Namun dengan kebanggaan saja tidak cukup untuk mendukung Martin Laba Uung. Karena itu, sudah semestinya kaum muda dan kaum milenial di Pulau Flores, Lembata dan Alor mendukungnya untuk berkiprah di Senayan dalam Pileg 2024.

Martin juga dikenal sebagai sosok yang punya dedikasi tinggi dalam bekerja dan menapaki kehidupannya di Ibukota Negara, Jakarta yang disebut lebih kejam dari Ibu Tiri. Namun Martin mampu membangun Jejaring Kerja dengan berbagai kalangan pengusaha dan Orang Penting di Jakarta.

Latar belakang pendidikannya yang mumpuni, berhasil dikembangkannya untuk bersaing di arus kencang persaingan para professional di Jakarta. Tak heran jika Martin direkrut menjadi konsultan pada beberapa perusahaan besar.